Pengertian
VoIP adalah teknologi yang memanfaatkan Internet Protocol untuk menyediakan
komunikasi suara secara elektronis dan real-time. VoIP mulai dikenal di Indonesia semenjak
tahun 2000 dimana saat itu sedang marak-maraknya teknologi internet. Saat itu
dikenal dengan fasilitas telepon gratis via internet dengan pengguna internet
lainnya. Voice over Internet Protocol (VoIP) melewatkan trafik suara, video dan
data yang berbentuk paket melalui jaringan IP. Jaringan IP adalah jaringan komunikasi
data yang berbasis packet switch. Trafik VoIP dibagi menjadi dua bagian
transmisi jaringan yaitu transmisi untuk signaling dan untuk RTP (Realtime
Transfer Protocol). Protokol yang digunakan unuk signaling selalu berbasis TCP
(Transfer Control Protocol) sedang untuk RTP yang digunakan adalah protocol
berbasis UDP (User Datagram Prot))
Menelepon
dengan menggunakan VoIP banyak keuntungannya, diantaranya adalah dari segi
biaya jelas lebih murah dari tarif telepon tradisional, karena jaringan IP bersifat
global. Sehingga untuk hubungan Internasional dapat ditekan hingga 70%. Selain
itu, biaya maintenance dapat ditekan karena voice dan data network terpisah,
sehingga IP Phone dapat ditambah, dipindah, dan diubah dengan mudah. Hal ini
karena VoIP dapat dipasang di sembarang ethernet dan IP address, tidak seperti
telepon tradisional yang harus mempunyai port tersendiri di Sentral atau PBX.
Untuk membuat sistem VoIP, ada beberapa variasi penyambungan. Ada koneksi dari
komputer ke komputer dengan berbekal sound card dan head-set melalui jaringan
LAN maupun internet merupakan solusi paling murah tetapi cukup merepotkan,
karena kedua sisi harus memiliki komputer dan perangkat lunak (Softphone) yang
sama. Ada juga melalui komunikasi suara dari komputer ke Jaringan
VoIP dengan menggunakan jaringan internet.
Cara kerja VOIP
VoIP
mengkonversikan atau mengubah suara anda yang merupakan sinyal analog menjadi
sinyal digital yang ditransmisikan melalui internet. Tidak seperti telepon
konvensional yang mentransmisikan suara anda menggunkan sinyal listrik melalui
kabel. VoIP dapat digunakan langsung melalui komputer, telepon khusus VoIP
ataupun pesawat telepon konvensional yang tersambung menggunakan alat khusus
yang dinamakan VoIP adapter.
Beberapa hal yang
membuat VoIP banyak menarik minat, antara lain:
Suara
melalui jaringan data VoIP merupakan komunikasi suara melalui jaringan
data, yang saat ini sudah sangat maju. Dengan konvergensi antara suara dan
data, jaringan yang digunakan cukup satu, namun kebutuhan komunikasinya dapat
dilakukan baik untuk suara maupun data. Selain itu berbagaio aplikasi lainnya
menjadi dimungkinkan. Para pemanufaktur perangkat komunikasi untuk kebutuhan
perusahaan, seperti Alcatel, Cisco, Siemens, Nortel Networks atau NEC lebih
tertarik untuk mengembangkan strategi baru untuk bermigrasi ke pengembangan sistem
VoIP.
Variasi cara komunikasi dan keuntungan, banyak kalangan menyatakan bahwa perusahaan-perusahaan dengan tingkat kebutuhan komunikasi (suara dan data) yang cukup besar, akan mengambil manfaat besar penggunaan VoIP ini. Selain mengurangi biaya komunikasi suara, juga meningkatkan komunikasi data dan pengembangan berbagai aplikasi baru yang lebih memberi manfaat bagi pemenuhan kebutuhan saat ini.
Variasi cara komunikasi dan keuntungan, banyak kalangan menyatakan bahwa perusahaan-perusahaan dengan tingkat kebutuhan komunikasi (suara dan data) yang cukup besar, akan mengambil manfaat besar penggunaan VoIP ini. Selain mengurangi biaya komunikasi suara, juga meningkatkan komunikasi data dan pengembangan berbagai aplikasi baru yang lebih memberi manfaat bagi pemenuhan kebutuhan saat ini.
Biaya
komunikasi (khususnya internasional) yang lebih murah. Menggunakan VoIP
memungkinkan Anda membuat hubungan internasional yang lebih murah dari
sebelumnya. Bayaran Anda cukup pada panggilan lokal ditambah sewa bulanan untuk
akses Internet dari ISP.
Akses
jarak jauh, misalnya ke kantor cabang Perusahaan dengan sejumlah kantor
cabang, yang umumnya saling berjauhan, akan diuntungkan dengan layanan VoIP
ini. Selain murah, juga memungkinkan membangun jaringan data dan suara yang
sama dan panggilan telepon dapat dilakukan dengan mudah. Jika yang menggunakan
cukup banyak, maka pengurangan biayanya juga cukup siginifikan.
Berkomunikasi
ke mana pun, tanpa batas komunikasi dengan keluarga dan teman atau mitra
bisnis dapat dilakukan dengan mudah dan biaya yang lebih terjangkau, sepanjang
Anda telah terkoneksi ke Internet.
Secara garis besar
layanan VoIP dapat dibagi menjadi 4, yaitu :
1. Computer
to Computer
Layanan
ini merupakan layanan voice call yang menggunakan komputer sebagai alat
komunikasi. Dengan menggunakan layanan khusus di internet kita bisa menggunakan
komputer kita yang telah terhubung dengan internet untuk melakukan panggilan ke
komputer lain yang menggunakan layanan yang sama. Banyak penyedia layanan VoIP
di internet. Salah satu layanan yang mendukung panggilan suara melalui internet
adalah Yahoo messenger. Dengan menggunakan Yahoo messenger kita bisa melakukan
voice call dengan sesama user. Begitu juga penyedia layanan lainnya, seperti
MSN messenger ataupun Skype. Layanan VoIP computer to computer dapat dilakukan
secara gratis, anda hanya cukup menyediakan koneksi internet pada komputer
anda.
2. Computer
to Phone
Layanan
ini merupakan layanan yang memungkinkan kita melakukan panggilan dari komputer
ke telepon, baik itu telepon tetap (PSTN) ataupun mobile phone (handphone).
Layanan ini juga membutuhkan penyedia layanan di internet. Salah satu penyedia
layanan ini adalah Skype. Layanan ini juga tidak gratis seperti layanan
computer to computer VoIP, layanan ini membutuhkan biaya yang harus dibeli
terlebih dahulu (sistem prabayar). Cara menggunakan layanan ini juga tidak
sulit. Pertama, kita harus memiliki account di penyedia layanan terkait,
biasanya membuat account tidak di pungut biaya. Lalu kita membeli credit atau
bisa juga disebut pulsa, yang nantinya akan digunakan untuk melakukan panggilan
ke telepon. Panggilan yang dilakukan tidak hanya ke nomor telepon lokal, namun
panggilan dapat dilakukan untuk menghubungi nomor internasional di seluruh
dunia. Dan juga, kita dapat melakukan panggilan baik ke telepon tetap ataupun
handphone. Tarif yang digunakan mengacu pada penyedia layanan.
3. Phone
to Computer
Layanan
VoIP call ini merupakan layanan yang memungkinkan anda melakukan panggilan dari
telepon ke komputer. Lagi-lagi penyedia layanan yang mendukung layanan ini
salah satunya adalah Skype. Saat kita mempunyai account skype, kita juga dapat
mempunyai apa yang di sebut Online Number. Online number inilah yang nantinya
dapat di hubungi dari telepon manapun.
4. Phone
to Phone
Layanan
dilakukan dengan menggunakan pesawat telepon khusus atau telepon konvensional
yang di hubungkan dengan VoIP adapter. Untuk menggunakan layanan ini kita harus
menggunakan penyedia layanan phone to phone VoIP. Salah satu penyedia layanan
ini adalah Phone Power. Dengan layanan ini kita dapat melakukan panggilan
kemana pun diseluruh dunia yang menggunakan alat yang mendukung.
Protokol-protokol
Penunjang VoIP
Ada beberapa protokol
yang menjadi penunjang jaringan VoIP, antara lain :
1. TCP/IP (Transfer
Control Protocol/Internet Protocol)
Merupakan
sebuah protokol yang digunakan pada jaringan internet. Standarisasi diperlukan
agar antar komputer terjadi kesepakatan tentang tatacara pengiriman dan
penerimaan data sehingga data dapat dikirimkan dan diterima dengan benar.
Protokol ini terdiri dari dua bagian besar, yaitu TCP dan UDP serta dibawah
lapisan tsb ada protokol yang bernama IP.
a.
Transmission Control Protocol (TCP)
Merupakan protokol yang menjaga reliabilitas
hubungan komunikasi end- to -end. Konsep dasar cara kerja TCP adalah
mengirim dan menerima segmen–segmen informasi dengan panjang data bervariasi
pada suatu datagram internet. Dalam hubungan VoIP, TCP digunakan pada saat signaling,
TCP digunakan untuk menjamin setup suatu panggilan pada sesi
signaling. TCP tidak digunakan dalam pengiriman data suara karena pada komunikasi data VoIP
penanganan data yang mengalami keterlambatan lebih penting daripada penanganan
paket yang hilang.
b.
User Datagram Protocol (UDP)
Merupakan
salah satu protocol utama diatas IP, yang lebih sederhana dibandingkan dengan
TCP. UDP digunakan untuk situasi yang tidak mementingkan mekanisme
reliabilitas. UDP digunakan pada VoIP pada pengiriman audio streaming yang
berlangsung terus menerus dan lebih mementingkan kecepatan pengiriman data agar
tiba di tujuan tanpa memperhatikan adanya paket yang hilang walaupun mencapai
50% dari jumlah paket yang dikirimkan. Karena UDP mampu mengirimkan data
streaming dengan cepat. Untuk mengurangi jumlah paket yang hilang saat
pengiriman data (karena tidak terdapat mekanisme pengiriman ulang) maka pada
teknologi VoIP pengiriman data banyak dilakukan pada private network.
c.
Internet Protocol (IP) Internet
Protocol
Didesain
untuk interkoneksi sistem komunikasi komputer pada jaringan paket switched.
Pada jaringan TCP/IP, sebuah komputer di identifikasi dengan alamat IP.
Tiap-tiap computer memiliki alamat IP yang unik, masing-masing berbeda satu
sama lainnya. Hal ini dilakukan untuk mencegah kesalahan pada transfer data.
Terakhir, protokol data akses berhubungan langsung dengan media fisik. Secara umum
protokol ini bertugas untuk menangani pendeteksian kesalahan pada saat transfer
data. Untuk komunikasi datanya, Internet Protokol mengimplementasikan dua
fungsi dasar yaitu addressing dan fragmentasi. Salah satu hal
penting dalam IP dalam pengiriman informasi adalah metode pengalamatan pengirim
dan penerima.
2. SIP
(Session Initiation Protocol)
Yaitu
protokol yang digunakan untuk inisiasi, modifikasi dan terminasi sesi
komunikasi VoIP. SIP adalah protokol Open Standard yang dipublikasikan oleh IETF,
RFC 2543 dan RFC 3261. Selain digunakan untuk negosiasi sesi
komunikasi voice, SIP juga dapat digunakan untuk negosiasi sesi komunikasi data
media lain seperti video dan text. Disebutkan sebagai hanya melakukan “negosiasi
sesi komunikasi” adalah karena SIP merupakan signaling protocol, bukan media
transfer protocol. Artinya SIP tidak menghantar data media (voice, video dan
text), melainkan hanya melakukan negosiasi sesi komunikasi saja dan
memanfaatkan protokol lain seperti RTP sebagai media transfer protocol.
3. H.323
VoIP
dapat berkomunikasi dengan sistem lain yang beroperasi pada jaringan packet-switch.
Untuk dapat berkomunikasi dibutuhkan suatu standarisasi sistem komunikasi yang
kompatibel satu sama lain. Salah satu standar komunikasi pada VoIP menurut
rekomendasi ITU-T adalah H.323 (1995-1996). Standar H.323 terdiri dari
komponen, protokol, dan prosedur yang menyediakan komunikasi multimedia melalui
jaringan packet-based. Bentuk jaringan packet-based yang dapat
dilalui antara lain jaringan internet, Internet Packet Exchange (IPX)-based,
Local Area Network (LAN), dan Wide Area Network (WAN). H.323
dapat digunakan untuk layanan – layanan multimedia seperti komunikasi suara (IP
telephony), komunikasi video dengan suara (video telephony), dan gabungan
suara, video dan data.
Ada beberapa protokol
yang menjadi penunjang jaringan VoIP, antara lain :
Di masa sekarang ini
sudah banyak berkembang aplikasi–aplikasi yang berbasiskan VoIP, disini kita
akan membahas beberapa aplikasi VoIP yang bisa digunakan, antara lain :
1. Skype
Skype adalah
software aplikasi komunikasi suara berbasis IP melalui internet antara sesama
pengguna Skype. Pada saat menggunakan Skype maka pengguna yang sedang online
akan mencari pengguna Skype lainnya Lalu mulai membangun jaringan untuk menemukan
pengguna-pengguna lainnya. Skype memiliki berbagai macam feature yang dapat
memudahkan penggunanya. Skype juga dilengkapi dengan SkypeOut dan SkypeIn yang
memungkinkan pengguna untuk berhubungan dengan pengguna telepon konvensional
dan telepon selular.
Setiap
pengguna Skype memiliki sebuah username dan sebuah password. Dan setiap
username memiliki sebuah alamat e-mail yang teregistrasi. Untuk masuk ke sistem
Skype, pengguna harus menyertakan pasangan username dan passwordnya. Jika
pengguna lupa password tersebut maka Skype akan mengubahnya dan mengirimkan
password yang baru ke alamat e-mail pengguna yang sudah teregistrasi.
2. Neetmeting
Aplikasi
ini dikembangkan oleh Microsoft yang merupakan salah satu aplikasi yang
mendukung VoIP dan juga Video Conference. Aplikasi ini menggunakan protocol
H.323 untuk Video dan Audio Conference. Sama dengan aplikasi lainnya tetap
memerlukan registrasi untuk mendapatkan user id dan password, agar bisa
berkomunikasi dengan para pengguna netmeeting lainnya. Aplikasi ini sudah
include didalam system windows 95 sampai windows XP.
3. X-Lite
X-Lite adalah
sebuah aplikasi opensource pendukung VoIP yang menggunakan teknologi SIP(Session
Initiation Protocol). X-Lite di kembangkan pertama sekali oleh CounterPath.
ada 2 release yang telah dikeluarkan untuk aplikasi ini yang mempunyai
perbedaan feature. X-Lite 2.0 digunakan untuk Macintosh dan Linux yang
menggunakan X-Pro code base dan X-Lite 3.0 untuk windows yang menggunakan
eveBeam code base. X-lite 2.0 hanya untuk suara saja sedangkan
X-Lite 3.0 sudah memiliki feature suara, video dan instant messaging atau media untuk chatting.
X-Lite 3.0 sudah memiliki feature suara, video dan instant messaging atau media untuk chatting.
Security yang bisa
diterapkan dalam VoIP
1.
VoIP call private network
Kita
dapat mendengarkan dengan jelas teman kita yang sedang berbicara dengan
phone tradisional bila kita berada di dalam 1 ruangan yang sama., dari sini
kita dapat simpulkan perlukah call privacy ?. VoIP adalah
sebuah teknologi paket, menyerupai data packet seperti didalam LAN dan
WAN. Paket suara dapat ditangkap oleh sebuah agent, ada beberapa
cara untuk memecahkan problem ini, metode yang termudah adalah dengan me
–route-kan voice traffic over dengan private network.
Hal
yang paling utama adalah bahwa public internet tidak ada yang menjamin dari
segi keamanannya dan reliabilitasnya Ketika menggunakan kekuatan untuk route public internet
perusahaan menggunakan IPSec VPNs untuk authentication danencryption untuk
melindungi dari sniffer. Penyadapan voice traffic di
internet sangat mungkin tetapi sangat sulit, penangkapan dapat dilakukan
didalam VoIP dengan cara memasang Radio shack, maka attacker dengan
mudah akan menyadap VoIP call dan men-decode–kan.
Seorang network
administrator harus mempunyai resource untuk proteksi terhadap
VoIP di jarngan LAN, jika para karyawan perusahaan telah menggunakan softphone,
komputer PC enable dengan voice capabilities, seorang admin
dapat meng-install VPN client untuk keamanan dengan menggunakan end
to end encrypted tunnel, tetapi jika tidak dilakukanpun bisa menggunakan IP handset.
2.
Firewall dan Packetized Voice
Firewall dengan
VoIP mempunyai relasi yang tidak selalu seirama, pada layanan real-time (real
time service), VoIP berupaya menekan supaya tidak ada delay, tapi keadaan firewall harus
memproses dulu VoIP packet yang dibebankan, maka bisa akan terjadi traffic
flow. H.323 dan SIP mempercayakan kepada TCP untuk signaling dan call
setup. Dan UDP untuk media paket. Dengan H.323 dan SIP firewall mengerti
kapan port akan di open atau di close untuk VoIP
traffic, port akan di open selama ada call.
Bagaimanapun
juga VoIP akan menggunakan Real Time Protocol (RTP) untuk
menyampaikan media paket., kelebihannya disini RTP dapat menggunakan berbagai port sembarang
mulai dari 1024 sampai 65,5534. Masalah akan muncul juga jika terjadi
pertambahan volume panggilan (call volume). Lacour (Netscreen) berpendapat
bahwa voice traffic dapat mempengaruhi kinerja proses load di firewall,
disini voice traffic dapat mengetahui voice packet dilakukan
H.323 dan pesan dari SIP ( SIP messaging). Jika jumlah call bertambah
banyak, firewall akan bekerja keras ( delaying packet) dan kualitas
voice akan mengalami degradasi sekitar 50 – 100 millisecond.
Ukuran
paket yang dikirimkan juga mempengaruhi performance firewall, ketika
peralatan networking cukup comfortable dalam menangani paket
yang besar, maka untuk menangani paket yang berukuran lebih kecil akan membuat kolaps,
biasanya voice traffic berukuran antara 50 bytes – 200 bytes.
Firewall bisa mendukung (support interface) 100Mbit/sec, akan tetapi CPU akan mengalami max outway
sebelum 50 byte paket, jika kita merasa ternyata firewall tidak bisa
cukup bagus dalam menjalankan jobnya, salah satu
solusinya adalah tunnel voice traffic menggunakan IP Sec
VPN tunnel, bagaimanapun ini juga memerlukan power di VPN gateway untuk
menjamin bahwa enkripsi dan dekripsi tidak memberi kontribusi dal hal call
latency.
3.
VoIP Lockdown
Peralatan
dengan IP PBX dan VoIP gateway ( semacam proxy SIP ). Posisi server
ibarat hati yang rentan terhadap attack, contoh pada peralatan cisco ‘s
windows based mudah terkena NIMDA worm. Sistem operasi rentan
terhadap serangan, banyak virus yang dibuat untuk platform microsoft dari pada
varian nya UNIX, pada pendekatan standart menggunakan locking down VoIP
system antara lain seperti : Removing unnecesarry service untuk
mereduksi attack vector , virus update dan isolasi terhadap VoIP
server, ada yang lainnya lagi dengan cara scan ulang infrastruktur yang
dimiliki, dicari kelemahannya lalu tata ulang arsitekturnya.
Seorang attacker dapat
memasang program trojan horse di komputer pc tsb, maka voice
network dapat terserang juga, untuk mencegah serangan data network,
sebaiknya dipisahkan voice dan data via VLAN, dengan segmentasi yang tangguh,
serangan terhadap data network tidak akan mempengaruhi voice traffic dan voice
quality. Yang terakhir amankan gateway VoIP anda dari serangan virus.
Kelebihan dan Kelemahan
Tekonologi VoIP
0 komentar:
Posting Komentar